PROFIL LEMBAGA
PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT
(PKBM) MEKAR SARI

LATAR BELAKANG
Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mekar Sari yang berdomisili di Desa Padang Kedondong Kecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu yang berdiri diatas lahan seluas 30 m x 60 m dan luas bangunan 8 m x 25 m atas nama Yayasan Inten Putri di dirikan pada tanggal 10 Januari 2007 dengan akta notaris No. 6 dan terdaftar di kemenkumham Jakarta Nomor AHU-00764.50.10.2014 dan Izin PKBM No. 1015/DIKNAS/2007, diprakarsai oleh Ibu Titin Sumarni, M.Pd. Pada mulanya PKBM Mekar Sari merupakan salah satu bentuk kepedulian masyarakat terhadap upaya pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang resfonsif terhadap perkembangan transformasi informasi. Seiring dengan upaya pemerintah yang terus berkesinambungan dalam menuntaskan wajib belajar 9 tahun dan untuk membekali generasi penerus bangsa khususnya kaum remaja dan pemuda dengan berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan, maka Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mekar Sari yang merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal berupaya melakukan pendekatan dengan masyarakat dan Pemerintah setempat agar dapat bersama-sama mambangkitkan semangat dan motivasi masyarakat untuk dapat belajar kembali meskipun usia mereka bukan usia sekolah formal.
Untuk menuntaskan Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 tahun melalui Program Paket A setara SD, Paket B setara SMP dan Paket C setara SMA juga penuntasan Buta Aksara melalui Program Keaksaraan, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mekar Sari memperhatikan dan melayani masyarakat miskin.

Fungsi dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) meliputi:
Sebagai tempat kegiatan belajar masyarakat
Sebagai tempat bertemunya berbagai potensi yang ada dan berkembang di masyarakat.
Sebagai sumber informasi bagi warga masyarakat yang membutuhkan keterampilan fungsional.
Sebagai ajang tukar manukar berbagai pengetahuan dan keterampilan fungsional diantara warga.
Sebagai tempat berkumpulnya warga masyarakat yang ingin meningkatkan pengtahuan dan keterampilan.

Sangat disadari bahwa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) amat penting dan dibutuhkan oleh masyarakat yang terbelakang yang disebabkan oleh faktor ekonomi.
Kami menyadari bahwa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) “Mekar Sari” masih jauh dari visi dan misi serta tujuan yang telah di tetapkan, namun dengan dukungan dari semua pihak yang terkait bahu-membahu mambantu masyarakat yang tidak dan atau kurang mampu untuk memberikan layanan pendidikan secara cuma-cuma/gratis, sehingga keberadaan PKBM “Mekar Sari” memberikan solusi dan motivasi bagi masyarkat yang tidak dan atau kurang mampu.

A.    VISI
Terwujudnya masyarakat setempat yang lebih cerdas, trampil, lebih kreatifdan produktif, lebih sejahtera dan harmonis serta selalu ingin mengembangkan diri secara positif sebagai manusia seutuhnya ciptaan Tuhan.

B.     MISI
Mengembangkan fasilitas-fasilitas usaha pembelajaran, pemberdayaan ,pembangunan masyarakat setempat antara lain berupa:  
1. Peningkatan kapabilitas masyarakat untuk dapat berkarya secara positif.
2. Peningkatan pengetahuan, wawasan, ketrampilan dan sikap untuk dapat hidup lebih baik.
3. Peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat.
4. Pengembangan usaha-usaha produktif di masyarakat yang menggunakan model dan pengelolaan usaha yang profesional, bersifat kekeluargaan dan berorientasi pada pembangunan manusia seutuhnya.

C.    TUJUAN

A.    Bagi Peserta Didik

  1. Meningkatkan pendidikan, pengetahuan dan wawasan peserta didik.
  2. Meningkatkan keterampilan dan kecakapan hidup peserta didik.
  3. Membantu mengembangkan keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik untuk dapat digunakan sebagai bekal mencari kerja atau berusaha mandiri.
  4. Membantu mengembangkan usaha mandiri yang dirintis oleh peserta didik, dengan membantu perluasan akses permodalan.
  5. Meningkatkan pengetahuan perempuan tentang:·        
    – hak-hak perempuan sebagai seorang istri dan ibu·         
    – kesehatan pribadi dan keluarga·         
    – pengelolaan keuangan keluarga

B.     Bagi Masyarakat

  1. Membantu dan mempermudah masyarakat yang ada di sekitar PKBM untuk mendapatkan layanan pendidikan non formal seperti : PAUD, KF, Paket B, Paket C dan Kursus Keterampilan.
  2. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan warga masyarakat di sekitar PKBM dengan memberikan layanan taman bacaan masyarakat (TBM) yang dapat diakses oleh masyarakat umum.
  3. Meningkatkan kemampuan warga masyarakat dalam mengembangkan usaha yang dimilikinya dengan membuka dan memperluas akses permodalan.

C.    Bagi Pembangunan Pendidikan Non Formal

  1. Membantu mensosialisasikan program-program pendidikan non formal, sehingga masyarakat lebih tahu dan faham.
  2. Membantu mensukseskan program-program pendidikan non formal yang ada
  3. Mengembangkan program-program kegiatan baru yang dibutuhkan oleh masyarakat dan relevan dengan pembangunan pendidikan non formal
  4. Mengembangkan model-model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, potensi lembaga arah pembangunan pendidikan non formal.

IDENTITAS LEMBAGA

Nama Lembaga        : PKBM MEKAR SARI
Alamat Lembaga      : Desa Padang Kedondong Kecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu
Hp                             : +6281 285 740 353 / +6282 376 187 418
E_Mail                       : pkbmmekarsarikaur@gmail.com
Akreditasi : B

Sertifikat Akreditasi Lembaga